Umur berapa anak tidur sendiri? Pertanyaan ini mungkin sering terlihat dalam benak orangtua. Anak yang tidur terpisah dengan orangtua memang bisa melatih kemandiriannya dan tentunya menghindari anak melihat pemandangan yang belum sepantasnya meraka lihat dan dengar, yaitu ketika orangtuanya sedang bercinta.

Lalu umur berapa anak bisa tidur sendiri? Umur dua tahun, dan maksimal lima tahun, anak sudah bisa dilatih untuk tidur sendiri. Bagaimana caranya agar anak bisa tidur sendiri? Langkah-langkah berikut ini bisa membantu Anda:

  • Tetapkan tanggal. Pilihlah kapan si kecil pindah ke tempat tidurnya sendiri. Pastikan pemilihan waktunya tidak bertepatan dengan acara penting di esok harinya. Misalnya, Anda memindahkan di malam ketika esoknya Anda harus mengadakan rapat penting.
  • Buatlah si kecil bahagia dengan perpindahan kamar ini. Caranjya dengan mendesain kamar semenarik mungkin sesuai dengan seleranya. Lalu pemilihan sprei dan bedcover dengan motif favoritnya.
  • Konsisten! Jika Anda sudah menetapkan si kecil harus pindah kamar, maka harus konsisten. Tidak mudah memang, tapi lakukan secara perlahan sehingga si kecil terbiasa tidur sendiri.
  • Berikan reward jika si kecil berhasil tidur sendiri di kamar barunya. Bisa dengan memberinya hadiah, logo bintang sebagai penghargaan dan lainnya.
  • Kesabaran! Hal terakhir ini sangat penting loh.

Umur berapa anak tidur sendiri? Anda dan pasangan juga bisa membahasanya untuk dapatkan support penuh.

Read previous post:
Ide Dekorasi Kamar Tidur “for Her & for Him”

Ide dekorasi kamar tidur apa yang Anda inginkan? Jika Anda seorang perempuan pasti menginginkan kamar tidur yang sweet and chic....

Close