Ketindihan ketika tidur atau yang dikenal erep-erep oleh orang Sunda, pasti pernah menimpa hampir semua orang, tidak hanya Anda. Fenomena ini seringkali dikaitkan dengan fenomena gaib yang ada pada budaya Indonesia. Badan tiba-tiba terasa tertekan, tangan dan kaki tidak bisa digerakan sama sekali, mata terbuka tetapi melihat hal-hal yang tidak wajar dan cenderung menakutkan, dan suara yang diteriakan tidak keluar. Terasa mimpi buruk bukan?

Lalu apa sih ketindihan itu?
Dalam dunia medis, ketindihan atau erep-erep adalah Sleep Paralysis atau kelumpuhan saat tidur, yaitu suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa digerakan ketika Anda sedang tidur. Di dunia medis terdapat beberapa tahapan pada proses tidur, yaitu tidur ringan, tidur lebih dalam, tidur paling dalam dan rapid eye movement (REM).

Pada saat Anda merasa sangat lelah dan sangat kurang sekali tidur, otak sangat mudah masuk pada tahap REM yaitu tahapan tidur paling dalam dimana biasanya Anda bermimpi dan berhalusinasi. Tetapi badan tidak bisa mengikutinya langsung ke tahap itu, sehingga memasuki tahan tidur yang berbeda, mungkin saja tahap tidur ringan. Ketika terbangun dari tahapan REM, tubuh dan otak masih belum mendapatkan sinkronisasinya. Hasil akhirnya, otak pun menjadi kebingungan dan tidak bisa mengendalikan tubuh, sehingga serasa lumpuh.

Bagaimana dengan fenomena melihat penampakan yang menakutkan atau hal-hal lainnya?
Dunia medis pun menjelaskannya, ketika otak masuk dalam tahapan REM, Anda bisa bermimpi dan halusinasi tentang hal-hal yang berada di dunia khayalan. Ketika terbangun dari tahapan REM, tubuh masih terlelap, maka halusinasi tersebut terbawa ke dunia nyata. Sehingga akan terlihat seperti penampakan makhluk-makhluk halus yang Anda bayangkan.

Ketindihan ketika tidur pasti akan dialami oleh kebanyakan orang. Menurut penelitian, rata-rata satu kali per tahun setiap orang akan mengalaminya. Tetapi waspada jika hal tersebut berlangsung sering pada tubuh Anda, karena bisa saja itu awal dari narcolepsy yaitu penyakit tidur mendadak tanpa rasa kantuk dahulu. Karena sekarang sudah tahu teorinya, jangan khawatir lagi jika Anda mendapatkan ketindihan atau erep-erep dan yang paling penting adalah selalu berdoa sebelum dan setelah tidur. Next

(sumber gambar: http://goo.gl/uJ65Eq)

Read previous post:
Penyebab Susah Tidur, Duh Sangat Mengganggu! (Part I)

Penyebab susah tidur bagi setiap orang memang sangat berbeda. Hal sepele pun bagi sebagian orang bisa sangat mengganggu tidur Anda,...

Close