Cara merawat kasur terkadang dilupakan oleh Anda, padahal sepertiga hidup dihabiskan diatasnya. Kasur yang nyaman sangat penting bagi kesehatan Anda, juga mempengaruhi semangat pada hari selanjutnya. Bagaimana sih cara merawat kasur yang baik dan benar agar awet dan tetap nyaman digunakan dalam waktu yang lama?

1. Balikkan Kasur
Siapa dari Anda yang tidak pernah mengganti posisi kasur atau membalikkan kasur? Atau apakah Anda selalu tidur pada tempat yang sama setiap malamnya? Jelajahilah kasur Anda sehingga semua bagian nyaman untuk ditempati, juga meminimalisir kerusakan kasur karena dipakai pada bagian yang sama secara terus menerus. Selanjutnya, setiap 6 bulan sekali balikkan kasur yang Anda gunakan. Dengan membalikkannya, maka sisi lain dari kasur yang masih empuk bisa Anda nikmati dengan nyaman. Ubah posisi dan balikkanlah kasur Anda setidaknya 6 bulan sekali secara rutin, agar kerja semua bagian per pada kasur dapat terbagi.

2. Menjemur Kasur
Tidur pada posisi yang sama setiap hari pun meningkatkan jumlah kuman pada bagian tersebut karena lebih lembab dibanding bagian lainnya. Tempat yang lembab biasanya menjadi rumah favorit bagi berbagai kuman dan bakteri yang dapat menyerang kesehatan Anda. Untuk mengantisipasinya, jemurlah kasur pada sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa menuntaskan bakteri dan kuman yang ada pada kasur kesayangan Anda. Keuntungan lainnya menjemur kasur dibawah sinar matahari adalah, volume kasur bisa meningkat dan akan lebih nyaman digunakan. Ketika dijemur, pastikan kasur dibersihkan dengan cara dipukul oleh sapu lidi.

3. Jagalah Kebersihan
untuk menjaga kebersihan kasur, tidak hanya dijemur di bawah sinar matahari tapi pilihlah sprei dengan bahan berkualitas, biasanya terbuat dari katun. Kenapa katun? Karena katun mudah menyerap keringat sehingga kasur lebih bersih. Juga untuk mengganti sprei 2 minggu sekali agar kualitas tidur Anda lebih baik.

Cara merawat kasur ternyata mudah bukan? Anda hanya perlu menyiapkan waktu luang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan kesehatan pun akan membaik pula. Jangan lupa, selama 8 jam dalam sehari Anda berada di kasur, maka berikanlah kasur perawatan lebih agar kesehatan kita pun meningkat. Next

(sumber gambar: http://goo.gl/TkWjYW)

Read previous post:
Lagu untuk Tidur Nyenyak? Ini Listnya

Lagu untuk tidur nyenyak mungkin semua orang berbeda-beda, bisa tidur dengan lagu dengan nada lullaby atau ada juga orang bisa...

Close